Berkat BRI, Desa Ini Sukses Punya Agrowisata Anggur

Berkat BRI, Desa Ini Sukses Punya Agrowisata Anggur

Read Time:2 Minute, 28 Second

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melalui program Desa Cemerlang terus melahirkan panutan dan agen pembangunan desa. Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan program inkubasi desa bertujuan untuk menghasilkan role model dalam pembangunan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan yang unggul.

“Semoga Brilliant Village yang kita dorong untuk maju, bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi desa lain di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/3/2023).

Kesuksesan Desa Brilian terlihat dari Desa Megulungkidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang berhasil menjadi desa Agrowisata dengan Daya Tarik Kebun Anggur. Desa ini sendiri merupakan salah satu finalis terbaik Desa Nugraha Karya Brilian 2022.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kepala Desa Megulung Kidul, Malik Khairul Anam mengatakan, sebelumnya tidak ada wacana menjadikan Desa Megulung Kidul sebagai desa wisata karena potensi alamnya yang pas-pasan.

“Kami terus berupaya merekayasa bagaimana potensi yang kami miliki bisa menjadi daya tarik pariwisata. Sejak 2019 kami mencoba membahas desa wisata,” jelasnya.

Berkat wacana di tahun 2019, Malik akhirnya berkomitmen menjadikan Desa Megulungkidul sebagai desa agrowisata dengan menciptakan produk inovatif berupa Kebun Anggur bernama Dusun Sabin.

Dusun Sabin Taman Wisata merupakan destinasi wisata di kawasan persawahan dengan mengusung konsep agrowisata, perpaduan antara panorama alam, pertanian kuliner dan UMKM.

Pengunjung kawasan ini tidak hanya dapat menikmati fasilitas edukasi budidaya anggur, tetapi juga fasilitas lainnya seperti produksi minyak kelapa, batik tulis, memancing, membuat kerupuk rambak, membuat cotton bud, bahkan membudidayakan ulat hongkong.

Dusun Sabin resmi beroperasi sejak tahun 2020, dan pada tahun 2022 Desa Megulungkidul ditetapkan oleh Bupati Purworejo sebagai desa wisata percontohan. Desa ini juga berinovasi dari sampah dengan membuat Bank Sampah Sayang (Sadar Lingkungan).

Tak ketinggalan, Desa Megulungkidul juga ikut melestarikan batik yang merupakan warisan budaya dengan memfasilitasi dan mendukung UMKM Kerajinan Batik Rizqie serta memasukkan mata pelajaran membatik di sekolah-sekolah.

“Dengan adanya kegiatan UMKM ini tentunya akan banyak memberikan dampak positif bagi sektor pelestarian budaya dan peningkatan ekonomi,” tambah Malik.

Ia menambahkan, berkat pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pihaknya mampu berkolaborasi dan memberdayakan masyarakat di sektor ekonomi kreatif. Bentuk pemberdayaan BUMDes adalah kerjasama dengan masyarakat untuk membeli hasil panen dan memfasilitasi ruang sentra produksi UMKM.

Desa Megulungkidul juga memiliki BUMDes Kridha Manunggal Jaya yang berdiri pada 19 Juli 2020 dan telah menciptakan berbagai inovasi untuk meningkatkan perekonomian desa. Salah satunya adalah Agro Resto Cafe yang menawarkan wine garden, coffee shop, edukasi dan pembibitan anggur.

Selain itu, BUMDes Kridha Manunggal Jaya juga membeli dan mengolah hasil panen masyarakat serta membantu memasarkannya. BUMDes juga bekerjasama dengan BRI dalam proses pembayaran menggunakan sistem Agen BRILink, QRIS dan BRI KASIR STRBERI yang merupakan aplikasi cashier management (POS) berbasis Android.

Malik berharap pemerintah dan BRI terus mendukung pembangunan desa di Indonesia agar lebih maju. Menurutnya, dana saja tidak cukup; dukungan di sisi lain diperlukan, seperti pendampingan dan pembinaan.

“Harapan kami stakeholder, pemerintah dan BRI terus mendukung kemajuan desa-desa di Indonesia,” tutupnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Berikutnya

Gila! Berkat BRILIANPRENEUR, UMKM ini bisa keliling dunia

(rah/rah)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Pria Ini Rela Lepas Gaji Rp 133 Juta Demi Bantu Ibu Jualan Previous post Pria Ini Rela Lepas Gaji Rp 133 Juta Demi Bantu Ibu Jualan
Weekly poll: are port-less phones the future? Next post Weekly poll: are port-less phones the future?