Dari Karyawan Hingga IRT Sukses, Ini Dia Kisah Mak Ren

Dari Karyawan Hingga IRT Sukses, Ini Dia Kisah Mak Ren

Read Time:3 Minute, 17 Second

Jakarta, CNBC Indonesia –┬áRennata Hartati Pranata, atau yang akrab disapa Mak Ren atau Mak Marmet, telah membuktikan bahwa menjadi ibu rumah tangga bukanlah penghalang untuk meraih kesuksesan. Dengan semangat dan tekad yang luar biasa, Mak Ren telah mengubah perannya sebagai ibu rumah tangga menjadi peluang untuk berkembang dan meraih prestasi.

Dari seorang karyawati berpengalaman menjadi seorang ibu tiga anak yang mengelola bisnis dari rumah, kisah inspiratifnya telah menjadi sumber motivasi bagi banyak ibu di seluruh Indonesia.

Sebelum memilih untuk menjadi ibu rumah tangga, Mak Ren telah bekerja selama 15 tahun sebagai seorang karyawan, termasuk pengalaman sebagai Customer Service Spv di US Company. Namun, pada tahun 2017, saat anak kedua lahir, Mak Ren memulai perjalanan baru dalam hidupnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia berjuang untuk memberikan ASI kepada anaknya dengan semangat yang tak tergoyahkan, meskipun statusnya sebagai seorang working mom. Terlebih mak Ren tidak mengandalkan mesin pompa jadi hanya menggunakan kekuatan dan ketekunannya dalam memompa ASI dengan tangan sendiri telah mengilhami banyak ibu muda, yang terinspirasi dengan semangatnya kemudian menjadi pengikut setia di akun Instagram pribadinya, @rennatapranata.

Melalui partisipasinya sebagai narasumber dalam berbagai seminar dan motivator ASI, Mak Ren semakin terinspirasi untuk mengejar passion-nya. Ia mengikuti kelas Management Laktasi agar pesan dan informasinya yang dia sampaikan saat menjadi narasumber bisa lebih mendalam dan sesuai dengan ketentuan. Pada tahun 2020, ia bahkan menerbitkan buku motivasi tentang ASI untuk ibu bekerja. Namun, pandemi datang tak lama setelahnya, mengubah arah hidupnya.

Menghadapi situasi bekerja dari rumah (WFH), Mak Ren tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga mengubah tantangan menjadi peluang. Karena mak Ren terbiasa aktif bekerja di luar rumah Ia mulai merasa jenuh dan akhirnya Ia menjalankan bisnis reseller online shop (olshop) yang menyediakan berbagai kebutuhan ibu dan bayi, seperti skincare, perawatan mandi bayi, makanan ringan anak-anak, bahan-bahan MPASI, dan masih banyak lagi.

Dengan dukungan pengikut setianya, olshop yang dikenal sebagai “LapakMakMarmet” berhasil meraih popularitas dan laris manis. Olshop rintisan tersebut meraih kepercayaan pelanggan berkat review serta seleksi teliti dari Mak Ren sendiri menjadikan pelanggan puas dengan produk dan pelayanan LapakMakMarmet.

Pada tahun 2021, saat anak ketiganya lahir, Mak Ren mengambil keputusan besar untuk meninggalkan karier kantornya dan fokus menjadi Ibu Rumah Tangga seutuhnya. Keputusan ini memungkinkannya untuk lebih dekat dengan anak-anak dan bisnis olshopnya. “Mungkin ini sudah menjadi jalan-Nya dan aku merasa ini adalah panggilan jiwa menjadi IRT,” kata Mak Ren.

Dari usaha yang semula dimulai secara iseng-iseng saat pandemi WFH, Mak Ren telah meraih prestasi yang luar biasa. Ia berhasil merenovasi rumahnya, membeli kendaraan, dan merealisasikan beberapa wishlist yang selama ini tertunda. Semua ini berkat dedikasinya yang penuh semangat dalam membimbing anak-anak dan mengelola bisnisnya sebagai Ibu Rumah Tangga.

Melalui akun Instagram pribadinya, Mak Ren terus membagikan kesehariannya dan menjadi content creator yang menginspirasi para ibu rumah tangga bahwa mereka juga bisa tetap produktif. Ia mengingatkan bahwa menjadi ibu rumah tangga bukanlah hambatan untuk mencapai kesuksesan. “Dulu aku berniat untuk resign agar bisa bersama anak-anak sambil tetap produktif dari rumah, tanpa harus meninggalkan mereka. Alhamdulillah, Allah memberikan jalan,” ungkapnya.

Dengan latar belakang sebagai penulis buku, narasumber seminar, dan enterpreneur, Mak Ren telah membuktikan bahwa ibu rumah tangga juga bisa berdaya. Dengan semangat dan ketekunan, di Instagram pribatinya ia mengajarkan kepada para ibu di luar sana bahwa menjalani peran sebagai ibu rumah tangga tak menghalangi potensi untuk meraih impian dan sukses. Ia mengajak semua ibu untuk mantap dalam keputusan mereka, sambil terus berdoa dan berusaha untuk meraih kesuksesan dari rumah.

Mak Ren telah menginspirasi ribuan ibu rumah tangga di seluruh Indonesia melalui perjuangannya yang mengesankan. Ia ingin memberikan semangat dan motivasi kepada semua ibu untuk menjalani peran mereka dengan penuh kebahagiaan dan produktivitas. Dengan usahanya sebagai IRT dan entrepreneur, Mak Ren membuktikan bahwa sukses tidak memiliki batasan, bahkan dalam dasteran sekalipun.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bos SKB Food & 6 Pengusaha RI Masuk Forbes 30 Under 30 Asia


(rob/ayh)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Samsung's Exynos 2400 specs surface, to feature a 10-core CPU Previous post Samsung’s Exynos 2400 specs surface, to feature a 10-core CPU
Honor confirms return to Indian smartphone market Next post Honor announces partnership with PSAV Global for return in India