Harta Rp 6 M Wanita Ini Cuma Jajan Rp 1 Juta/Bulan, Kok Bisa?

Harta Rp 6 M Wanita Ini Cuma Jajan Rp 1 Juta/Bulan, Kok Bisa?

Read Time:2 Minute, 27 Second

Jakarta, CNBC Indonesia – Kadang kala semakin besar pemasukan, semakin sering juga pengeluarannya. Lebih parah lagi kalau aliran uang yang keluar malah dipergunakan untuk hal-hal yang tidak penting atau tidak produktif. Uang akhirnya hilang begitu saja tanpa ada di tabungan atau instrumen investasi.

Soal ini pakar keuangan asal Amerika Serikat, Carly DeFelice, punya cara jitu untuk mengatur keuangan berdasarkan pengalaman pribadinya. Apa itu?

Perlu diketahui, DeFelice (38) adalah financial expert berkebangsaan Amerika Serikat pemilik kursus pengelolaan uang Best Money Class Ever. Selain itu, dia juga menjadi manajer di salah satu perusahaan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepada CNBC Make It (3/12/2023), DeFelice cerita kalau gajinya mencapai US$ 58.000 per tahun atau US$ 4.833 per bulan, atau setara Rp 75 juta per bulan. Sementara keseluruhan harta dan investasi yang dipunya sebesar US$ 400.000 atau Rp 6 miliar. 

Tentu dengan punya gaji bulanan dan harta sebesar itu, DeFelice bisa melakukan banyak hal yang disukainya, termasuk hidup mewah dan boros. Namun, DeFelice tak seperti itu. Menariknya dia hanya menghabiskan US$ 123 atau Rp 1,9 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Bagaimana bisa?

Menurut DeFelice, rahasia dia bisa hemat adalah karena memiliki daftar belanja. Jadi, dia selalu menyusun barang-barang apa saja yang harus dibelinya selama setiap minggunya. 

“Kuncinya adalah saya selalu membeli barang yang ada di daftar. Jadi, ini membantu saya terhindari dari sifat impulsif,” kata DeFelice. 

Dengan sistem seperti ini, menurut DeFelice, seseorang jadi membuat skala prioritas terhadap barang yang bakal dibeli. Dia mengambil contoh pada kesehariannya, yang selalu membeli barang-barang primer lalu tersier. 

“Jadi saya membeli kebutuhan penting dulu. Kayak bahan makanan, bensin, dan sebagainya. Barulah kalau udah semua, dialokasikan ke daftar kebutuhan lain, seperti biaya jalan-jalan atau pemberian hadiah,” ujar perempuan kelahiran 1985 itu. 

Intinya, dengan membuat daftar belanjaan, seseorang bisa menjadi lebih patuh dan disiplin terhadap dirinya sendiri. Keberadaan daftar tersebut juga membuat seseorang pada akhirnya bisa mengetahui anggaran mana yang seharusnya tidak diperlukan setiap bulannya. 

“Kalau kamu gak bikin list belanja, kemungkinan besar uang akan habis begitu saja untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting,” pungkasnya.

Meski begitu, apakah anggaran bulanan ini harus mengorbankan banyak hal, seperti tidak bisa jalan-jalan dan sebagainya? Tentu saja tidak.

Saat mengunjungi kediamannya, tim CNBC Make It menyebut hidupnya masih terbilang cukup enak. Di rumahnya ada banyak makanan dalam jumlah besar, seperti sereal, roti, keripik, salmon, alpukat, dan nasi. Tentu saja, semuanya dibeli berdasarkan daftar belanjaan yang sudah dibuat. 

Lalu, DeFelice juga sering bermain atau sekedar jalan-jalan bersama temannya. Hanya saja, dia tetap membuat anggaran khusus untuk hal ini sebesar US$ 50 atau Rp 700-an ribu per bulan. 

Jadi, itulah tips hidup hemat meski kamu bergaji Rp 70-an juta per bulan. Dengan mencoba tips dari DeFelice bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang. Selamat mencoba!

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Dikira Produk Barat, Merek Donat Ini Ternyata Asli Indonesia


(mfa/sef)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
nubia to launch Z60 Ultra on December 19 Previous post nubia to launch Z60 Ultra on December 19
Jokowi Puji UMKM Expo(rt) Brilianpreneur: Sangat Tertata Baik Next post Jokowi Puji UMKM Expo(rt) Brilianpreneur: Sangat Tertata Baik