ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming Powerful, Portable & Stylish

ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming Powerful, Portable & Stylish

Read Time:7 Minute, 7 Second

Jakarta, CNBC Indonesia – Kehadiran laptop gaming modern kini tidak hanya tampil dengan performa yang bertenaga. Sejak ROG Zephyrus pertama kali dirilis pada tahun 2017 lalu, para gamer dapat menikmati performa gaming di laptop yang ringkas dengan tetap portabel.

Namun, selain bertenaga dan portabel, ROG Zephyrus melalui ROG Zephyrus M16 (GU604) hadir dengan desain yang sangat stylish sehingga para gamers bisa tampil stylish.

ROG Zephyrus M16 (GU604) merupakan laptop gaming yang menawarkan kombinasi terbaik antara desain, performa, dan kualitas layar. Dengan fitur-fitur unggulan seperti AniMe Matrix Display, CPU 13th Gen Intel® Core™ H Series, ROG Nebula Display, dan sistem pendingin baru, laptop ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan para gamers enthusiast dan content creator.

Hal yang paling menarik dari ROG Zephyrus M16 (GU604) adalah desainnya yang stylish dan futuristik. Dimana terdapat AniMe Matrix Display di bagian belakang layar yang mampu menampilkan animasi, logo, teks atau gambar sesuai dengan keinginan pengguna.

Fitur ini tidak hanya membedakan laptop dari laptop lain, tetapi juga dapat memberikan informasi, seperti status baterai, notifikasi email, atau jam. Selain itu, laptop ini juga memiliki bodi yang cukup portabel dengan ketebalan 22,9 mm dan berat 2,3 kg serta dilengkapi dengan keyboard backlit RGB yang nyaman dan touchpad yang responsif.

Untuk performa, ROG Zephyrus M16 (GU604) tidak perlu diragukan lagi karena ditenagai oleh CPU Intel® Core™ i9-13900H Generasi ke-13 yang dilengkapi dengan Intel Turbo Boost Technology 3.0 sehingga dapat berjalan di frekuensi hingga 5,4GHz. Laptop ini juga dilengkapi dengan GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 yang mendukung fitur ray tracing dan DLSS 3.0 untuk memberikan pengalaman gaming terbaik.

Sedangkan untuk kapasitas RAM, laptop ini memiliki RAM DDR5 yang bisa diupgrade hingga 64GB dan NVMe PCIe SSD 4.0 x4 berkapasitas 1TB. Sehingga menjamin kinerja yang cepat dan responsif.

Sedangkan untuk menjaga suhu laptop tetap optimal saat bermain game atau bekerja, ROG Zephyrus M16 (GU604) menggunakan sistem pendingin baru bernama teknologi Tri-Fan. Sistem ini terdiri dari tiga kipas yang dapat berputar secara independen dan mengatur kecepatannya sesuai dengan beban kerja laptop.

Plus, sistem ini menggunakan full-width heatsink yang dapat menyalurkan panas dari CPU dan GPU ke empat saluran udara di sisi laptop. Tidak hanya efektif mendinginkan laptop, sistem pendingin ini juga cukup senyap dalam pengoperasiannya.

Kualitas layar ROG Zephyrus M16 (GU604) juga sangat mengesankan. Hal ini terlihat dari layar 16 inci beresolusi WQHD (2560 x 1600) dan aspek rasio 16:10 yang memberikan area pandang lebih luas. Layar ini juga menggunakan panel IPS dengan teknologi ROG Nebula Display yang mampu menghasilkan warna akurat dan kontras tinggi.

Teknologi layar juga mendukung refresh rate 165 Hz dan adaptive sync untuk menghindari screen tearing dan stuttering saat bermain game. Selain itu, layar ini memiliki bezel tipis di sekelilingnya sehingga memberikan rasio screen-to-body hingga 94%.

Foto: Dok. ASUS

Berikut Review Lengkap ROG Zephyrus M16 (GU604)

Desain Stylish dengan AniMe Matrix

ROG Zephyrus M16 (GU604) menawarkan desain yang stylish dan modern dengan bobot 2.3Kg dan ketebalan 22.9mm. Laptop ini memiliki layar 16 inci dengan resolusi 2.8K dan refresh rate 165Hz sesuai standar ROG Nebula Display untuk memberikan pengalaman visual terbaik saat bermain game, menikmati hiburan digital, dan membuat konten kreatif.

Salah satu fitur unik yang dimiliki ROG Zephyrus M16 (GU604) adalah AniMe Matrix. Fitur ini memungkinkan pengguna menampilkan animasi, gambar, teks atau notifikasi di bagian belakang layar laptop.

Menariknya, fitur ini bisa digunakan untuk menampilkan informasi penting seperti status baterai, jam, cuaca atau notifikasi email. Fitur ini juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan teks atau kode morse.

Selain itu, fitur ini juga dapat meningkatkan kualitas suara laptop dengan menggunakan speaker tambahan yang terletak di bagian belakang layar.

Dilengkapi dengan Layar ROG Nebula

Salah satu fitur unggulan ROG Zephyrus M16 (2023) adalah teknologi ROG Nebula Display. Layar ini memiliki resolusi 2.8K (2560 x 1600 piksel) yang mampu menampilkan gambar dengan detail tinggi dan warna yang akurat.

Layar ini juga memiliki gamut warna DCI-P3 100% yang merupakan standar industri untuk konten digital berkualitas tinggi. Selain itu, layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display yang menjamin kesesuaian warna antara layar dengan media cetak.

Teknologi ROG Nebula Display menawarkan performa yang responsif dan mulus dengan tingkat kecerahan 500 nits yang dapat beradaptasi dengan kondisi cahaya sekitar. Layar ini juga memiliki refresh rate 165Hz yang mampu menghasilkan gerakan halus dan tanpa gerak di game dengan frame rate tinggi.

Selain itu, layar ini juga memiliki response time 3ms yang dapat mengurangi input lag dan meningkatkan akurasi dalam permainan kompetitif.

Layar ROG Nebula Display juga mendukung kesehatan mata penggunanya melalui teknologi Eye Care yang dapat mengurangi radiasi sinar biru hingga 70%. Dengan teknologi Eye Care, pengguna dapat menikmati game favoritnya tanpa khawatir akan dampak negatifnya pada mata.

Layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi Low-Blue Light dari TÜV Rheinland, sebuah badan sertifikasi independen yang diakui secara internasional.

Performa Paling Bertenaga di Kelasnya

Untuk menunjang performanya, laptop ini dilengkapi dengan hardware generasi terbaru yaitu CPU Intel® Core™ i9-13900H yang menggunakan konfigurasi 14-core (6 P-Core, 8 E-Core) dan 20 thread. CPU ini juga dapat dipacu hingga frekuensi hingga 5.4GHz.

Menemani CPU Intel® Core™ i9-13900H, ASUS juga menyematkan GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 dengan TGP hingga 145W (120+25W) sehingga memiliki performa grafis yang baik untuk bermain game dan aktivitas lainnya. Tak hanya itu, ASUS juga menghadirkan teknologi MUX Switch agar potensi performa keseluruhan dari chip grafis tersebut dapat di keluarkan.

NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 sendiri merupakan generasi terbaru dari kartu grafis NVIDIA yang menggunakan arsitektur Ada Lovelace. Kartu grafis ini menawarkan performa yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya dengan fitur-fitur unggulan, seperti ray tracing, DLSS 3.0, dan NVIDIA Advanced Optimus.

Lebih Stabil dengan Sistem Pendingin Baru

Salah satu fitur yang paling menarik di ROG Zephyrus M16 (GU604) adalah sistem pendinginnya. Laptop ini kembali menggunakan teknologi ROG Intelligent Cooling sebagai basis sistem pendinginnya.

Bedanya, ROG Zephyrus M16 (GU604) kali ini dilengkapi dengan konfigurasi kipas dan heatsink baru yang memungkinkan laptop gaming ini selalu beroperasi secara optimal.

Tri-Fan dan Full-Width Heatsink adalah teknologi pendinginan yang sama pada laptop ROG Strix G dan Strix SCAR terbaru. Konfigurasi Tri-Fan sangat efektif dalam menjaga suhu operasional ROG Zephyrus M16 (GU604) agar performanya selalu optimal.

Sedangkan Full-Width Heatsink membantu pembuangan panas lebih baik karena permukaan heatsink jauh lebih lebar dibandingkan laptop gaming kebanyakan. Ditambah dengan kipas dengan teknologi Arc Flow Fan dan thermal compound berupa logam cair Thermal Grizzly Conductonaut Extreme, ROG Zephyrus M16 (GU604) berhasil menjaga suhu CPU dan GPU dengan baik.

Berdasarkan pengujian menggunakan 3DMark Stress Test dalam mode Speed ​​Way selama 50 loop, sistem pendingin di ROG Zephyrus M16 (GU604) berhasil memberikan performa yang sangat baik. Suhu rata-rata CPU dapat dipertahankan pada 79,38⁰C dengan suhu maksimum 85⁰C, sedangkan suhu rata-rata GPU berada pada 82,23⁰C dengan suhu maksimum 85,9⁰C.

Lengkapi Konektivitas dan Opsi Upgrade

Dibalik kecanggihannya, ROG Zephyrus M16 (GU604) juga memiliki kelebihan lain yaitu konektivitas yang sangat lengkap. Dari sisi jumlah dan jenis port, ROG Zephyrus M16 (GU604) dilengkapi dengan HDMI 2.1 FRL sehingga bisa dihubungkan ke layar tambahan, serta jack audio combo 3.5mm.

Selain itu, konektivitas nirkabel ROG Zephyrus M16 (GU604) menggunakan WiFi 6E dengan fitur tri-band untuk koneksi nirkabel utama. Teknologi WiFi 6E memungkinkan ROG Zephyrus M16 (GU604) terhubung ke tiga frekuensi jaringan WiFi, yakni 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz.

Melengkapi fitur ini adalah Bluetooth® 5.2 terbaru yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti mouse, keyboard, atau pengontrol game tambahan.

ROG Zephyrus M16 (GU604) memiliki port USB yang lengkap. Selain USB 3.2 Type-C, laptop gaming ini juga dilengkapi dengan USB 3.2 Type-A agar pengguna dapat menghubungkan berbagai perangkat pendukung seperti keyboard dan mouse.

ROG Zephyrus M16 (GU604) juga dilengkapi dengan port USB Type-C Thunderbolt 4™ yang menawarkan kecepatan transfer tinggi dan kompatibel dengan berbagai aksesori dan perangkat modern.

Keunggulan lain yang dimiliki ROG Zephyrus M16 (GU604) adalah fitur upgrade-nya. Sebagai laptop gaming, ROG Zephyrus M16 (GU604) memberikan opsi upgrade yang cukup lengkap berupa upgrade memori melalui ketersediaan dua slot SO-DIMM, serta upgrade storage melalui dua slot M.2 PCIe 4.0 x4.

Kombinasi Terbaik Antara Desain, Performa, dan Kualitas Layar

ROG Zephyrus M16 (GU604) merupakan laptop gaming yang cocok bagi mereka yang menginginkan laptop dengan desain stylish, performa bertenaga, kualitas layar terbaik, dan sistem pendingin yang inovatif. Laptop ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk bermain game sekaligus bisa diandalkan untuk pekerjaan kreatif seperti video editing atau desain grafis.

Artikel Berikutnya

Review Laptop Portabel Ultra ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302).

(adv/adv)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Samsung Galaxy Z Flip5 also emerges in leaked promo image Previous post Samsung Galaxy Z Flip5 also emerges in leaked promo image
JULO Sisihkan Cuan Transaksi Buat Kepentingan Ini Next post JULO Sisihkan Cuan Transaksi Buat Kepentingan Ini