Sepatu Bata Bukan Made In Indonesia, Ini Faktanya!

Sepatu Bata Bukan Made In Indonesia, Ini Faktanya!

Read Time:1 Minute, 22 Second

Jakarta, CNBC Indonesia – Kalau menurut kamu merek sepatu Bata berasal dari Indonesia? Ternyata salah besar. Merek tersebut berasal dari Ceko, Eropa.

Bata didirikan oleh pengusaha asal Ceko, Tomas Bata. Ia dan saudara-saudaranya mendirikan perusahaan dengan pinjaman dari ibunya sebesar US$350.

Bata didirikan pada 24 Agustus 1894. Sejak saat itu, Tomas sering bepergian untuk mencari inspirasi pembuatan sepatu dan mencari mesin pembuat sepatu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Setelah ia kembali ke Ceko, Eropa menghadapi Perang Dunia I (1914-1918). Bata kemudian menerima pesanan sepatu tentara secara besar-besaran, The Encyclopedia of the Industrial Revolution in World History (2014) melaporkan bahwa Bata memproduksi hingga 50 ribu sepatu pada periode tersebut.

Untung besar dari pesanan itu memungkinkan Bata melebarkan sayap ke sejumlah negara. Mulai dari Swiss, lalu ke Inggris, Prancis, Belanda, Kanada, hingga sebuah negara di Timur bernama Hindia Belanda.

Di Hindia Belanda, jejak Bata terlihat dengan berdirinya gudang impor sepatu Bata di Tanjung Priok pada tahun 1931. Gudang tersebut dibuka hanya setahun sebelum Tomas meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1932.

Di Hindia Belanda ternyata Bata sukses besar setelah mendirikan pabrik sepatu Bata di Kalibata pada tahun 1939. Sejak saat itu banyak orang yang menggunakan sepatu tersebut, termasuk presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Maulwi Saelan, ajudan Sukarno, menceritakan hal ini dalam memoarnya Dari Revolusi ’45 sampai Kudeta ’66: Kesaksian Wakil Panglima Tjakrabirawa (2001). Presiden pertama Republik Indonesia ini memiliki tiga pasang sepatu Bata untuk olahraga.

Salah satu brand sepatu tertua yang masih eksis hingga saat ini. Lisensinya sendiri secara global dipegang oleh Bata Shoe Organization dan di Indonesia lisensi Bata dipegang oleh PT Sepatu Bata Tbk (BATA).

[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Weekly poll results: the Asus Zenfone 10 gets a lot of love, but it could be better Previous post Weekly poll results: the Asus Zenfone 10 gets a lot of love, but it could be better
Flashback: the phones that weren’t, part 5: rectangles are bad Next post Flashback: the phones that weren’t, part 5: rectangles are bad