Wali Kota Serang Apresiasi Upaya Sampoerna Perkuat UMKM

Wali Kota Serang Apresiasi Upaya Sampoerna Perkuat UMKM

Read Time:2 Minute, 45 Second

Jakarta, CNBC Indonesia¬†– PT HM Sampoerna Tbk melalui program pemberdayaan UMKM Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) di bawah payung Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia”, berpartisipasi dalam acara Serang Fair 2023, sebagai rangkaian kegiatan dari Program UMKM Untuk Indonesia (UUI) untuk Transformasi Digital.

Partisipasi SETC pada acara ini bertujuan untuk mendukung upaya pengembangan dan pemberdayaan pelaku UMKM, khususnya wilayah Serang.

Serang Fair merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Serang dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-16 Kota Serang dengan tujuan memperkenalkan potensi produk unggulan, wisata, industri, seni,dan kebudayaan Kota Serang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

AdapunUUI untuk Transformasi Digital merupakan program yang bertujuan mengakselerasi pengembangan UMKM melalui penguatan kapasitas dalam pemasaran digital sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing.

Program ini menargetkan sekitar 1.000 pelaku UMKM di Provinsi DKI Jakarta dan Banten. Selama mengikuti program ini, para pelaku UMKM dibekali berbagai materi yang relevan, seperti pemasaran melalui platform digital hingga penerapan sistem pembayaran digital.

Program ini turut mendukung pencapaian pemerintah Indonesia dengan target 30 juta pelaku UMKM untuk go digital pada tahun 2024.

Dalam pelaksanaan program UUI untuk Transformasi Digital, SETC, bersama mitra tanggung jawab sosial perusahaan Yayasan INOTEK, menggandeng beberapa mitra strategis. Di antaranya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kota Serang.

Wali Kota Serang, Syafrudin memberikan apresiasi atas implementasi program UUI untuk Transformasi Digital di wilayah Serang yang berjalan sejak Februari 2023 ini. Ia mengatakan, sektor UMKM merupakan salah satu soko guru perekonomian nasional.

Maka ia berharap UMKM binaan SETC di Serang dapat menjadi contoh bagi para pelaku UMKM lainnya dalam berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian.

“Saya berharap para pelaku UMKM di Kota Serang dapat terus berkembang. Salah satu caranya yaitu melalui teknologi. Dengan demikian, teman-teman UMKM di Serang dapat memperluas peluang serta menjangkau konsumen dari berbagai daerah,” ujar Syafrudindalam keterangan tertulis, Kamis (24/8/2023).

Apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, Wahyu Nurjamil.

“Melalui kolaborasi pemerintah, industri, masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan lainnya, kami akan terus mengembangkan UMKM agar bisa naik kelas dan berkualitas. Kami dorong mereka agar bisa go digital sehingga mampu meningkatkan daya saing untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM,” ujar Wahyu.

Sejak dimulai pada 2007, program SETC telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada lebih dari 67.000 peserta di Indonesia, baik secara daring maupun luring. Program ini merupakan salah satu dari berbagai pelatihan dan pendampingan UMKM yang dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan SETC selama 16 tahun terakhir bagi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat, mengatakan Sampoerna berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, termasuk melalui transformasi digital.

“Melalui payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia, kami senantiasa mendukung sektor UMKM untuk terus bertumbuh sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional,” kata Ishak.

Direktur Eksekutif INOTEK Ivi Anggraeni berharap bahwa para pelaku UMKM yang mengikuti program UUI untuk Transformasi Digital dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam mengembangkan usahanya.

“Tak hanya itu, kami juga berharap teman-teman UMKM yang mengikuti program ini dapat membagikan ilmu yang diperoleh kepada pelaku UMKM lainnya. Dengan demikian, mereka dapat bersama-sama berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia,” ujar Ivi.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Top! Sampoerna Bawa UMKM Binaan ke Wellness Food Japan 2023


(dpu/dpu)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Samsung to launch Galaxy Z Fold5 special edition, has 7 other devices in the works Previous post Samsung to launch Galaxy Z Fold5 special edition, has 7 other devices in the works
Google Pixel 8a appears on Geekbench with underclocked Tensor G3 chipset Next post Google Pixel 8a appears on Geekbench with underclocked Tensor G3 chipset